How We Work

Berbekal pengalaman sebagai trader manual dengan menggunakan Technical Analysis dan Fundamental Analysis, para inisiator PensiunDini mengalami pasang surut profit hingga akhirnya menderita Floating dengan nominal yang cukup besar sehingga berakibat pada kerugian.

Berdasarkan pengalaman dengan penggunaan strategi tersebut, PensiunDini mencoba untuk menggunkan sebuah teori Random Walker yaitu teori yang berasumsi bahwa harga yang akan datang tidak dapat diprediksi oleh kejadian dimasa lampau, sehingga sifat harga akan datang hanya dapat ditentukan oleh pasar yang tidak dapat diprediksi sepenuhnya.

Logika teori Random Walker diterapkan untuk transaksi trading selanjutnya dan akhirnya teori tersebut memberikan hasil yang luar biasa. Kita mengkombinasikan penggunaan Martingale Follow the Trend yang artinya kita menggunakan Martingale tetapi tetap mengikuti trend pasar dengan mitigasi resiko (Stoploss) dan pengambilan profit (Takeprofit) yang kita seusaikan dengan perpaduan teori kita.

Realtest dan Backtest sudah kita lakukan, Backtest   yang kita gunakan 2 Time Frame yaitu jangka waktu 4 Tahun (2017-2021) dan jangka waktu 1 tahu (Januari – Oktober 2021). Hasil backtest menunjukkan bahwa teori yang kita gunakan mampu melewati berbagai dinamika harga di pasaran. Realtest kita gunakan selama 4 bulan (Juli – Oktober 2021) juga menunjukkan hal yang sama.

Sampai saat ini kita juga melakukan penyesuaian teori yang kita gunakan agar mampu mengakomodir kondisi pasar terkini, sehingga diharapkan teori ini akan bisa dinamis mengikuti perubahan kondisi pasar.